logo PT Nirmala Satya Development
FUNGSI RESILIENSI

Resiliensi bermanfaat sebagai sumber pertahanan bagi individu. Rutter (dalam Yulia Sholichatun. 2012) mengungkapkan, ada empat fungsi resiliensi

Resiliensi bermanfaat sebagai sumber pertahanan bagi individu. Rutter (dalam Yulia Sholichatun, 2012) mengungkapkan, ada empat fungsi resiliensi, yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk mengurangi resiko mengalami konsekuensi-konsekuansi negative setelah adanya kejadian hidup yang menekan.
  2. Mengurangi kemungkinan munculnya rantai reaksi yang negatif setelah peristiwa hidup yang menekan.
  3. Membantu menjaga harga diri dan rasa mampu diri.
  4. Meningkatkan kesempatan untuk berkembang.

Resiliensi bukanlah karakteristik kepribadian atau trait, tetapi lebih sebagai proses dinamis dengan disertainya sejumlah faktor yang membantu mengurangi resiko individu dalam menghadapi tekanan kehidupan. Hal serupa juga dijelaskan oleh O’leary dan Ickoviks yang menyatakan meskipun seorang individu mungkin memperoleh keuntungan dan perubahan positif dari sebuah tantangan hidup , namun tidak ada jaminan bahwa hasil yang sama akan nampak ketika menghadapi tantangan lain yang hampir bersamaan terjadi (Sholichatun, Yulia. 2012).

 

DAFTAR ISI

Sholichatun, Yulia. (2012). Hidup Setelah Menikah, Mengurai Emosi Positif dan Resiliensi Pada Wanita Tanpa Pasangan. Jurnal Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.